5 Keutamaan Surat Yasin

                                                             
Pahala Surat Yasin |  Surat Yasin bagi masyarakat Indonesia tidaklah asing. Bagi mereka surat Yasin adalah ‘bumbu’ paling pokok kegiatan seperti selamatan. Ketika tetangga meninggal dunia, pasti masyarakat setempat akan menghadiahkan Surat Yasin sebagai ucapan ‘Selamat Jalan’. Begitu juga ketika berziyarah ke makam leluhur atau para aulia, setidak-tidaknya, mereka akan membaca Surat Yasin. Bahkah, pada malam tertentu, Yasin menjadi bacaan rutin. Tentu, ada keingin-tahuan di hati kita, sebenarnya keutamaan apakah yang terdapat dalam Surat Yasin?


Syaikh Ihsan Muhammad Dahlan al-Jempesi al-Kediri dalam kitabnya, Siraj at-Tholibin, menjelaskan setidaknya ada lima Keutamaan membaca Surat Yasin. Pertama, mendapatkan ampunan. Surat Yasin bagai air yang mengguyur kotoran di badan. Semakin banyak membaca Surat Yasin semakin menipislah dosa-dosa pembacanya. Dalam sebuah hadis dijelaskan, “Barangsiapa yang membaca Surat Yasin pada malam hari karena mengharap rida Allah maka Allah akan mengampuni dosanya pada malam hari itu.” (HR. Ad-Darimi) Imam Tsa’labi juga meriwayatkan hadis senada dari Abu Hurairah, “Barang siapa yang membaca Surat Yasin pada malam Jumat maka ketika pagi menjelang dosanya sudah diampuni.”

Kedua, berpahala lipat ganda. Surat Yasin memang memiliki keistimewaan yang begitu agung. Surat Yasin adalah hati al-Quran sehingga orang yang membacanya akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya, setiap sesuatu itu memiliki hati, sedangkan hati al-Quran adalah Surat Yasin. Dan barangsiapa yang membaca surat Yasin maka Allah swt. akan menuliskan pahala membaca al-Quran sepuluh kali untuknya.” (HR. At-Turmudzi)

Ketiga, ampunan untuk ahli qubur. Surat Yasin juga menjadi siraman kesejukan bagi ahli kubur. Jika Surat Yasin dibaca di area pekuburan maka semua orang islam yang dikabumikan di pekuburan itu akan mendapat percikan berkahnya. Sahabat Anas meriwayatkan, “Barang siapa yang memasuki pekuburan lalu membaca Surat Yasin maka diringankalah siksaan ahli kubur itu pada hari itu dan dia mendapatkan kebaikan sesuai hitungan ahli qubur itu.”

Keempat, menyejukkan jiwa. Membaca Surat Yasin dapat menentramkan jiwa. Orang yang membaca Surat Yasin akan merasakan kebahagiaan. Beban kesedihan akan terasa ringan. Imam Yahya bin Abi Katsir berkata “Orang yang membaca Surat  Yasin pada malam hari maka akan bahagia sampai subuh dan barang siapa yang membacanya pada pagi hari maka akan bahagia sampai sore.” Hal ini juga dituturkan oleh Imam as-Tsa’labi dan ibnu Atiyah.

Kelima, penolong orang sekarat. Ketika nafas akan berhenti, pada waktu itulah celaka dan tidaknya di alam barzahk ditentukan. Kesakitan dan ketakutanpun datang menghantui. Nah, surat Yasin jika dibaca di sisi orang yang sedang sakaratulmaut akan menjadi penghibur bagi orang itu. Dalam penggalan sebuah hadis dikatakan, “........Orang Islam manapun jika dibacakan surat Yasin di sisinya ketika datangnya malaikat maut maka untuk setiap hurufnya akan turun sepuluh malaikat. Malaikat itu berbaris di depannya seraya membacakan sholawat dan istighfar untuknya. Malaikat itu juga akan menghadiri proses pemandiannya, mengikuti jenezahnya, membacakan sholawat untuknya dan menghadiri pemakamannya.....”

Walhasil, membaca Surat Yasin banyak sekali keutamaannya. Orang yang membaca Yasin akan terhapus dosanya, mendapat pahala berlipat ganda dan selalu bahagia. Surat Yasin juga menjadi ‘keberuntungan’ bagi ahli kubur dan orang yang sedang sakaratulmaut. Akhiran, Semuga kita selalu istikamah membaca Surat Yasin. Amin.


Post a Comment

Tinggalkan komentar anda....!

Previous Post Next Post